hemat baterai tapi "boros" laptop?
21.56 | Author: Ahmad Riyanto
ilustrasi

Sangat sering sekali saya melihat teman-teman di kampus saya yang menggunakan laptop tanpa menggunakan baterai, hanya dengan menancapkan AC adaptor ke laptop. klo di tanya sich agar baterai laptop awet. benarkah itu?
  • jawaban saya, iya benar, baterai anda akan lebih awet.NAMUN, laptop anda akan lebih TIDAK AWET.baterai disini fungsinya adalah menyimpan arus (*ahh arus atau tegangan sich?*) sehingga ketika baterai sudah penuh nantinya laptop bisa digunakan tanpa harus menggunakan sumber daya langsung.
Apakah yang terjadi setelah baterai sudah penuh namun kita masih memasang AC adaptor ?
  • Ketika baterai sudah penuh , di layar komputer indikator pengisian baterai biasanya dia akan otomatis berubah menjadi "On AC Power", disini baterai akan men"direct" power ke laptop(*koreksi*).
Apa yang terjadi setelah itu?
  • Yang terjadi adalah disini baterai berfungsi seperti UPS (Uninteruptable Power System) , jadi dia akan menstabilkan tegangan dan penanggung daya. jadi ketika listrik di tempat kita tiba-tiba mengalami penurunan tegangan atau kenaikan secara mendadak maka laptop anda secara tidak langsung akan terselamatkan karena adanya baterai yang terpasang.
Apakah hal ini akan menyebabkan baterai saya cepat rusak / bocor?
  • Ketika kita menggunakan model baterai apapun, lambat laun pasti akan rusak atau bocor. Seperti penggunaan aki/ACCU kering, jangka waktu paling lama hanya dua tahun.
Apa yang terjadi jika saya menggunakan adaptor langsung?
  • Disinilah point yang paling penting, ketika tanpa baterai, regulator listrik dari laptop anda akan tidak kuat menahan listrik yang tidak stabil , sehingga kemungkinannya adalah kapasitor meledak dan kemungkinan terparahnya adalah arus yang sampai ke motherboard tidak merata sehingga laptop akan mati total.
Masih bolehkah saya melepas baterai dan menggunakan AC adaptor langsung?
  • Boleh saja, namun sangat disarankan di berikan UPS atau penyetabil tegangan terlebih dahulu , sehingga laptop dapat menerima arus listrik yang lebih stabil.
Dilihat dari sudut pandang ekonomi, ketika kita mencoba menghemat baterai dengan metode melepas baterai maka kita hanya menghemat sebesar 500rb rupiah, namun kita akan memperbesar resiko kerusakan board laptop yang harganya 2juta rupiah. ehmm cara hemat yang salah bukan? toh juga cuma baterai, klo baterai bocor atau rusak khan masih bisa ngetik, tapi kalau board laptop rusak? mau mengetik pakai baterai?

Just Share no offense..

sumber
This entry was posted on 21.56 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: